LAPORAN PRAKTIK KERJA
INDUSTRI
DI
OBAJA
GROUP
Disusun
Oleh :
Nama : Bambank
NIS :
10901
Kelas : XI
TKJ 3
BADAN
PELAKSANA PENDIDIKAN MA’ARIF KUDUS
SMK
NU MA’ARIF KUDUS
TERAKREDITASI
Jalan
Jepara Prambatan Lor 679 Telp. (0291) 434330 Kudus 59361
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan
Praktik Kerja Industri disusun sebagai salah satu syarat untuk
mengikuti Ujian Praktik Kejuruan (UPK) di SMK NU Ma’arif Kudus yang
telah disetujui dan disahkan oleh guru pembimbing serta Ketua Program
Teknik Komputer dan Jaringan, pada :
Hari
: Jum’at
Tanggal
: 1 Februari 2019
Pembimbing
I Pembimbing II
Joko
Santoso S.Kom Salmah
Abidah,S.Pd
Kudus,
............................. 2018
Ketua
Program Keahlian
Eko
Prasetyo Julianto, M.Kom
Daftar
Isi
Halaman
Judul
i
Lembar
Pengesahan Sekolah
............................................................................
ii
Daftar
Isi..............................................................................................................
iii
Halaman
Motto dan
Persembahan....................................................................
iv
Kata
Pengantar
v
BAB
I-PENDAHULUAN.................................................................................... 6
1.1 Latar Belakang 6
1.2 Tujuan Praktek
Kerja Lapangan 6
1.3 Manfaat
dan
Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan 6-7
BAB II
-PEMBAHASAN....................................................................................
8
2.1 Sejarah
Olshop Pada era 60-an
..................................................... 8
2.2 Sejarah
Olshop Pada era 70-an
..................................................... 8
2.3
Sejarah
Olshop Pada era 80-an
.................................................... 9
2.4
Sejarah
Olshop Pada era 90-an
..................................................... 9-10
BAB
III-PENGETAHUAN PENUNJANG
PKL............................................... 11
3.1
Pengertian Perancangan
............................................................... 11
3.2 Pengertian Aplikasi
...................................................................... 12
3.3 Pengertian Sistem Informasi
......................................................... 12
BAB
IV-PENUTUP............................................................................................... 13
2.3
Kesimpulan... 13
2.4 Saran
13
MOTTO
DAN PERSEMBAHAN
MOTTO
- Banyak yang bisa melakukan sesuatu. Tapi sedikit yang melakukan dengan baik.
- Tak ada manusia yang bodoh. Yang ada hanya manusia yang tak mau berusaha.
- Sukses berawal dari kemauan untuk berusaha
- Bermimpilah yang jauh kedepan supaya umurmu panjang.
- Jangan mati sebelum meraih mimpimu
PERSEMBAHAN
- Bapak Drs. H. Akhmad Nadlib selaku kepala SMK NU Ma’arif Kudus.
- Bapak Eko Prasetyo Julianto, M.Kom selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan.
- Joko Santoso, S.Kom selaku guru pembimbing prakerin.
- Bapak Saiful Arif selaku pemimpin OBAJA GROUP
- Ibu Salmah Abidah, S.Pd selaku pembimbing sistematika laporan.
Kedua
orang
tua
penulis yang selalu mendoakan, mendukung serta selalu mencurahkan
segala kasih sayangnya, sehingga laporan PKL ini dapat terselesaikan
dengan baik
KATA
PENGANTAR
Puji syukur
kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya,
serta tidak lupa sholawat serta salam penulis tunjukkan kepada Nabi
Muhammad SAW, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan prakerin
(Praktik Kerja Industri).
Adapun
maksud dan tujuan dibuatnya Laporan Praktik Kerja Industri siswa SMK
NU Ma’arif Kudus tahun 2019 ini OBAJA
GROUP.
Laporan
prakerin ini penulis buat setelah menyelesaikan kegiatan praktik
industri di OBAJA
GROUP
yang dimulai tanggal 1 februari 2019 sampai 30 april 2019.
Dalam
menulis laporan ini mendapat bimbingan, arahan, dan bantuan dari
berbagai pihak. Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terima kasih kepada :
- Bapak Drs. H. Akhmad Nadlib selaku kepala SMK NU Ma’arif Kudus.
- Bapak Eko Prasetyo Julianto, M.Kom selaku Ketua Program Keahlian Teknik Komputer danJaringan.
- Bapak Joko Santoso, S.Kom selaku guru pembimbing prakerin.
- Bapak Saiful Arif selaku pemimpin OBAJA GROUP
- Ibu Salmah Abidah, S.Pd selaku pembimbing sistematika laporan.
- Seluruh teman-teman dan karyawan pembimbing di OBAJA GROUP
- Serta teman-teman dan semua pihak yang telah membantu penulisan dalam laporan ini.
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih jauh dari kata
sempurna, untuk itu penulis menerima semua saran serta kritik dari
para pembaca yang nantinya dapat membangun dikemudian hari.
Akhir kata,
penulis berharap semoga laporan praktik kerja industri ini dapat
bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca, dan penulis mengucapkan
terima kasih.
Kudus, 30
April
2019
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Teknologi
komputer berkembang sangat pesat dengan munculnya internet dimana
komputer-komputer dapat saling terhubung membentuk jaringan yang
sangat luas yang terdiri dari ribuan komputer diseluruh dunia.
Siapapun yang mempunyai akses kedalam jaringannya dapat saling
bertukar informasi berbagai macam bentuk data teks, gambar, suara,
file dan sebagainya. Lebih dari itu jaringan ini dapat diakses selama
24 jam.
Pemasaran
merupakan kegiatan yang sangat penting untuk mengenalkan suatu produk
kepada masyarakat umum. Dalam dunia perdagangan seorang penjual
dituntut untuk kreatif agar calon pembeli tidak kesulitan mendapatkan
informasi dan mendapatkan suatu barang yang dia inginkan. Dengan
adanya internet seperti sekarang ini kegiatan jual beli tidak lagi
harus dilakukan secara tatap muka langsung antara penjual dan
pembeli, selain hemat waktu juga menghemat
biaya.
1.2
Tujuan
Praktek Kerja Lapangan
Tujuan
dari pelaksanaan praktek kerja lapangan ini adalah membuat aplikasi
toko online berbasis web yang dapat membantupemilik
Distro dalam melakukan pemasaran dan penjualan produknya secara
online.
1.3
Manfaat
Praktek Kerja Lapangan
Manfaat
dari pelaksanaan praktek kerja lapangan ini adalah menghasilkan suatu
aplikasi toko online berbasis web yang dapat
membantu pemilik Distro dalam melakukan pemasaran dan penjualan
produknya.
PELAKSANAAN
Tanggal
mulai : 1 Februari 2019
Tanggal
selesai : 30
April 2019
Waktu
pelaksanaan : 3 Bulan
Alamat
prakerin : Jl. Pemuda No.37. Nganguk, Kramat, Kota Kudus
Nama
Tempat Prakerin : OBAJA
GROUP
BAB
II
PEMBAHASAN
- Sejarah Olshop Pada tahun 60-an
Muncul
sebuah sistem EDI (Electronic
Data Interchange)
yang memungkinkan perusahaan utuk melakukan transaksi secara
elektronik. Pada era 60an, sistem transaksi elektronik masih jarang
digunakan oleh para pengguna internet. Namun, perusahaan-perusahaan
besar telah menggunakan EDI seperti perusahaan kereta api dan
beberapa perusahaan transportasi lainnya.
2.2
Sejarah
Olshop
Pada era 70-an
Tepatnya
tahun 1979, seorang pengusaha Inggris bernama Michael Aldrich
menemukan sistem belanja online. Ide ini muncul bermula ketika
Michael sedang berada di sebuah supermarket dengan istrinya. Michael
Aldrich menghubungkan TV domestik dengan real time komputer untuk
melakukan transaksi perbankan melalui saluran telepon domestik.
Michael memiliki keyakinan bahwa teknologi TV domestik yang
dimodifikasi dengan antar muka komputer dan manusia berbasis menu
sederhana adalah sesuatu hal yang ”baru, berlaku universal dan
merupakan media komunikasi yang partisipatif.”
2.3
Sejarah
Olshop
Pada era 80-an
Michael
Aldrich memulai pengerjaan di Redifon Computers yang memungkinkan
pemasok, konsumen, pelanggan, agen, distributor dan perusahaan jasa
terhubung secara online ke dalam sistem perusahaan sehingga
memungkinkan terjadinya transaksi bisnis elektronik secara real time.
Sistem ini juga mendukung pengolahan handprint pra-date Internet dan
World Wide Web (www) dan Microsoft MS DOS yang terutama dipasang oleh
perusahaan-perusahaan besar di Inggris.
Pada
tahun ini juga, Minitel yang berasal dari Prancis menjadi pelopor
pre-WWW secara online. Selamat tahun tersebut, para pengguna Minitel
diwajibkan untuk melakukan pembelian secara online. Di tahun ini
juga, B2C yang
memiliki singkatan Business
to Consumer,
diluncurkan pertama kali oleh Tesco. B2C merupakan bisnis online shop
pertama di dunia. Pada mulanya, sistem belanja online ini diberi nama
Online Basket, yang lalu berganti nama menjadi Belanja Online
Trolley. Pada tahun 1980an, belanja online telah sangat luas
dipergunakan di Inggris dan beberapa negara Eropa seperti Perancis
yang memasarkan Nissan, General Motors dan Peugeout melalu media
online.
2.4
Sejarah
Olshop
Pada tahun 90-an
Server
pertama World Wide Web dan Browser diciptakan. Server pertama World
Web Wide dan Browser diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990
dan diumumkan serta dapat digunakan oleh publik pada tahun 1991. Pada
tahun ini juga, National
Science Foundation (NSF)
yang membukakan jalan untuk pengguna komersial menjadi pendorong
besar bagi industri e-Commerce serta perkembangannya di masa depan.
Inovasi
pun terus berkembang pada masa 90an. Pada tahun 1992, toko buku
daring pertama dibuat oleh Charles Stack yang diberi nama Book Stacks
Unlimited yang sekarang kemudia berkembang menjadi Books.com. Pada
tahun 1994, muncul perbankan online, pembukaan toko pizza yang
menggunakan sistem online seperti Pizza Hut. Pada tahun ini juga,
Netscape memperkenalkan SSL standar v2 enkripsi (SSL encryption of
data transferred online) yang menyediakan sistem transfer data dengan
aman dan sistem belanja Intershop.
Hanya
berselang 1 tahun yaitu pada tahun 1995, muncul sistem belanja online
yang terkenal hingga sekarang yaitu Amazon.com yang kemudian disusul
dengan kemunculan Ebay. Tidak hanya perkembangan di situs belanja
online, berbagai sistem yang mendukung belanja online juga
bermunculan. Pada tahun 1998, muncul PayPal yang dapat membantu
setiap transaksi online. PayPal merupakan gabungan dari X.COM,
Cofinity dan perusahaan jasa keuangan. Pada akhir era ini juga,
Google dan Yahoo memasuki dunia online shop dan e-commerce.
BAB
III
PENGETAHUAN
PENUNJANG PKL
3.1
Pengertian
Perancangan
Perancangan adalah
kemampuan untuk membuat beberapa alternatif pemecahan masalah
(Al-Bahra, 2005).
Memiliki
tujuan untuk mendesign sistem baru yang dapat menyelesaikan
masalah-masalah yang dihadapi yang diperoleh dari pemilihan
alternatif sistem yang terbaik. Yang dilakukan dalam tahap
perancangan ini meliputi perancangan output, input, dan file.
a. Perancangan
Keluaran
Bertujuan
menentukan keluaran-keluaran yang akan digunakan oleh sistem.
Keluaran tersebut berupa tampilan-tampilan layar, dan juga format dan
frekuensi laporan yang diperlukan.
b. Perancangan
Masukan
Bertujuan
menentukan data-data masukan yang akan digunakan untuk mengoperasikan
sistem. Data-data tersebut dapat berupa formulir-formulir, faktur,
dan lain-lain yang berfungsi memberikan data masukan bagi pemrosesan
sistem. Pada tahapan ini perlu juga ditentukan format data masukan
agar sesuai dengan kebutuhan sistem.
c. Perancangan
File
Perancangan
file masuk dalam perancangan basis data, yang diawali merancang
diagram hubungan antara entitas (bisa menggunakan ERD) Setelah itu
melakukan uji normalisasi dri 1-NF sampai ke 5-NF, minimal sampai ke
bentuk 3-NF. Seluruh file yang telah lulus uji normalisasi yang harus
dibuatkan spesifikasi datanya.
3.2
Pengertian
Aplikasi
Aplikasi
adalah software yang
dibuat oleh suatu perusahaan computer untuk mengerjakan tugas-tugas
tertentu, misalnya Microsoft
Word, Microsoft
Excel (Dhanta,
2009).
Dari
pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa aplikasi merupakan
software yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk pekerjaan
atau tugas-tugas tertentu seperti penerapan, penggunaan dan
penambahan data. Dimana dalam hal ini aplikasi yang dirancang
berfungsi untuk mempermudah penilaian hasil ujian masuk dan pembuatan
laporan.
3.3
Pengertian Sistem
Informasi
Sistem
adalah suatu jaringan dari elemen-elemen yang saling behubungan dan
membentuk suatu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari
sistem tersebut. Tujuan pokok dari suatu sistem komputer adalah
pengolahan data untuk menghasilkan informasi. Sedangkan informasi
sendiri adalah “Informasi
yaitu sesuatu yang mengubah apa yang tidak diketahui atau suatu
ketidakpastian menjadi sesuatu yang diketahui atau suatu
kepastian”(Jenglshoven,P.J.Van
dkk, 1985). Sehingga dapat di simpulkan bahwa
Sistem
Informasi menurut definisi dari Robert A.leitch dan K.Roscoe davis
sebagai berikut: “Sistem
Informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang
mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian , mendukung
operasi ,bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu
organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan
yang diperlukan”
(Jogiyanto,2005;II).
BAB
IV
PENUTUP
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kegiatan
prakerin (PKL) ini sangat penting untuk dilakukan setiap siswa SMK.
Karena akan menambah banyak sekali ilmu yang tidak dipelajari di
sekolah, atau minimalnya mengamalkan apa yang sudah dipelajari di
sekolah. Selain itu, program prakerin (PKL) ini (di beberapa sekolah
disebut magang) dapat menambah wawasan dan pengetahuan siswa tentang
dunia kerja, menjadi pengalaman berharga sebelum benar-benar terjun
ke dunia kerja yang sebenarnya.
B.
Saran
Untuk
merealisasi program prakerin ini menjadi lebih baik kedepannya, dan
juga agar para siswa mendapatkan pengetahuan, ilmu dan wawasan yang
lebih. Maka saran saya sebagai penulis laporan prakerin adalah
menambah relasi perusahaan-perusahaan yang bisa diterobos dengan
program prakerin. Supaya setiap tahunnya para siswa tidak memasuki
perusahaan yang sama dengan angkatan sebelumnya.
Comments
Post a Comment